Cara menjerat burung dengan getah pohon

Cara menjerat burung dengan getah pohon- Burung kamu lepas dari sangkar, pastinya kamu akan merasa kesal bukan, apalagi itu burung banyak kenangan dan mahal pula harganya, pastinya sayang banget.

Namun jangan khawatir dulu ada caranya kok agar burung kesayanganmu bisa kembali ke sangkar.


Namun ingat menangkap burung yang bebas berkeliaran bukan perkara mudah, selain burung sendiri sangat sensitif terhadap gerakan manusia, kemampuan terbang burung juga akan menambah kesulitan lainnya yang pasti bikin kamu jengkel, terkecuali kalau kamu sendiri juga bisa terbang mungkin bisa ikut-ikutan terbang hehe.

Namun jangan khawatir, meski sulit untuk di lakukan tapi bukan berarti tidak bisa bukan, sama halnya yang di gunakan orang pada umumnya untuk menangkap burung. Kamu juga bisa memanfaatkan getah sebagai sarana untuk menangkap burung kesayanganmu.

Selain caranya mudah, modal yang di keluarkan juga terbilang sedikit, sebab kamu juga bisa membuatnya sendiri.

Khusus untuk menangkap burung menggunakan pulut kamu bisa menggunakan getah nangka, getah pohon bendo, getah pohon karet dan sebagainya.

Untuk cara membuat jebakan burung menggunakan pulut dari bahan-bahan tersebut, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Namun sebelum lanjut dengan cara menjerat burung menggunakan getah pohon pastinya kamu siapakan terlebih dahulu pulut dari getah pohon yang sudah di sebutkan diatas. Nah, khusus bagi yang belum memilikinya lebih baik baca dulu cara membuat pulut dari getah pohon nangka, pohon bendo, pohon karet dibawah ini, berikut ulasannya.

Cara membuat pulut dari getah pohon

Cara Menjerat Burung Dengan Getah Pohon
sumber : omkicau.com


1. Cara membuat pulut dari getah nangka

Untuk cara membuat pulut dari getah nangka, pertama kamu siapkan terlebih dahulu alat-alatnya seperti potongan seng, tempat untuk penampungan getah bisa ember atau baskom kecil.

Selanjutnya potonglah seng tersebut hingga rapi lalu ambil lengkungannya, seng tersebut berfungsi sebagai sarana penghubung dari pohon ke tempat penampungan.

Kemudian tancapkan seng tersebut pada pohon nangka, ingat pohon nangka bukan pisang hehe.

Kemudian taruh tempat penampungan yang sudah kamu siapkan tepat di bawah seng tersebut, setelah itu sayati pohon nangka dengan pisau hingga mengeluarkan getah, lalu tunggulah beberapa menit atau jam sesuai keinginan kamu.

Setelah mendapatkan getah nangka yang kamu inginkan jangan terburu-buru untuk di gunakan, asapilah getah nangka tersebut hingga berubah warna menjadi hitam, hal tersebut berfungsi agar memanipulasi burung sebab getah nangka yang masih alami sangat mudah dikenali oleh burung sehingga tidak mungkin burung akan melewati jebakan yang kamu buat.


2. Cara membuat pulut dari getah pohon karet

Tidak berbeda jauh dengan cara membuat pulut dari getah nangka, membuat pulut dari getah pohon karet juga sangatlah mudah.

Pertama pastinya kamu cari dulu getah karetnya atau bisa juga kamu beli di rumah tetangga yang mempunyai getah pohon karet.


Cara Menjerat Burung Dengan Getah Pohon
sumber : omkicau.com

Namun karena daya rekatnya masih kurang kamu perlu menambahkan oli bekas sebagai bahan tambahannya dengan cara di campurkan sembari di rebus.

3. Cara membuat pulut dari getah pohon bendo

Pohon benda atau pohon tekalong atau pohon terap merupakan jenis pohon yang buahnya mirip dengan buah pohon timbul atau kulur.

Di berbagai daerah pohon benda memiliki nama yang berbeda-beda, seperti di Mentawai namanya kalan sedangkan di Madura namanya kokap dsb.

Membuat pulut dari pohon benda mempunyai beberapa kelebihan, selain daya rekatnya lebih tinggi dibanding getah pohon nangka, kamu juga bisa mendaur ulang kembali meski sudah beberapa kali di gunakan.

Selain itu banyak juga yang mencampurkan antara getah pohon karet, getah pohon nangka dan getah pohon benda dijadikan menjadi satu, hal tersebut akan membuat pulut dari 3 getah campuran tersebut menjadi lebih awet dan kental.

Untuk menggunakannya hanya dari getah pohon benda pertama rebus dulu getah pohon benda setelah itu dinginkan, namun jika kamu ingin mencapurkan, campurlah setelah di rebus.

Setelah kamu memiliki pulut dari getah pohon, mari kita lanjut dengan cara menggunakannya.

Cara menangkap burung dengan pulut yang terbuat dari getah pohon

Cara Menjerat Burung Dengan Getah Pohon
sumber : omkicau.com


Untuk menangkap burung menggunakan pulut yang terbuat dari getah, pertama kamu siapkan terlebih dahulu ranting pohon atau bambu yang ukurannya disesuaikan.

Setelah itu ambil getah yang sudah di buat, kemudian tempelkan dan putar-putar pada ranting pohon atau bambu yang sudah kamu siapkan.

Letakan ranting yang sudah kamu olesi getah tersebut di tempat strategis dimana burung biasa melewatinya

Jangan lupa kasih jangkrik atau ulet Hongkong untuk memancing burung, tempelkan saja pada pulut yang kamu buat. Tunggulah beberapa saat hingga burung terkena jebakannya.

Namun ingat metode tersebut hanya berlaku untuk burung kecil seperti kutilang, kenari, robin dan sejenisnya. Untuk burung yang ukuran besar kamu bisa sesuaikan.

Selanjutnya

Setelah kamu berhasil menangkap burung kesayanganmu agar burung tidak stres karena terkena jebakan tersebut maka segera manjakan si burung kesayanganmu dengan cara di beri jangkrik, ulet hongkong maupun kroto, tapi ingat jangan sekali-kali dikasih bakso sebab bisa di makan yang baca hehe.



Penutup

Semoga artikelnya bermanfaat, jika kamu bermaksud untuk menangkap burung liar mimin ingatkan jangan sekali-kali menangkap burung yang di lindungi ataupun secara berlebihan.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara menjerat burung dengan getah pohon"

  1. Ternyata sangat mudah ya membuat pulut, artikel sangat bermanfaat, jadi nambah pengetahuan

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik dan bijak